Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah Lantik Panwascam Se-Kabupaten Lombok Tengah

Lombok Tengah, Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah hari ini senin, 23 Desember 2019 resmi melantik 36 Panwascam se-Kabupaten Lombok Tengah bertempat di RH Food Angkringan D’bagren pada kegiatan tersebut dihadiri oleh, Ketua Bawaslu Provinsi NTB, M.Khuwailid, MH. Ketua KPU Lombok Tengah, Dandim 1620 Lombok Tengah, Kajari Lombok Tengah,Kepala Satuan POL. PP dan seluruh jajaran Forkompimda Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam proses pelantikan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Lombok Tengah, Ketua Bawaslu Abdul Hanan,SH  dalam sambutan menyampaikan bahwa dalam proses rekrutmen Panwaslu Kecamatan ini merupakan pertama kali tes dengan menggunakan Komputer (Socrative) setelah Bawaslu menjadi Badan, dan diharapkan kepada Panwaslu Kecamatan untuk betul-betul memegang amanah sebagai Pengawas Pemilu agar menghasilkan Pemilu yang Jujur,Adil Bebas dan Rahasia.

Ketua Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat Muhamad Khuawailid,MH menyampaikan pelantikan hari ini membuktikan bahwa Bawaslu Kabupatenn Lombok Tengah sudah siap menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 dan juga Panwaslu Kecamatan harus mempunyai sikap SIM-P yaitu Solidaritas, Integritas, Mandiri dan Profesional, Panwaslu Kecamatan ini akan bertugas mengawasi tahapan Pilkada Tahun 2020 di kecamatan masing-masing, dan Ketua Bawaslu Provinsi berpesan kepada Panwaslu Kecamatan supaya menjunjung tinggi SIM-P yaitu Solidaritas, Integritas, Mandiri dan Profesional.

Menurut ketua Pokja rekrutmen Panwaslu Kecamatan sekaligus Koordiv. SDM Usman Faesal bahwa masa kerja Panwaslu Kecamatan ini terhitung sejak dilantiknya sampai 9 bulan kedepan.

Bawaslu Lombok Tengah

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu dibentuk berdasarkan perintah Undang - Undang no 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu. Sebelumnya, Pengawas Pemilu merupakan lembaga adhoc yaitu Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu. Tepatnya tahun 1982 uu memerintahkan pembentukan Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilu atau Panwaslak Pemilu, yang melekat pada Lembaga Pemilihan Umum atau LPU. Baru pada tahun 2003, Panwaslu dilepaskan dari struktur Komisi Pemilian Umum atau KPU. Kewenangan utama Pengawas Pemilu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana Pemilu dan kode etik. Rabu, 12 April Tahun 2017 Presiden Joko Widodo melantik Anggota Bawaslu Periode 2017-2022 dan Rapat Pleno Bawaslu menetapkan Ketua Bawaslu adalah Abhan.

You may also like...

1 Response

  1. JALALUDIN AL-HAKIMI says:

    Selamat dan sukses selalu buat Panwascam Se-kabupaten Lombok Tengah yang baru dilantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *