BAWASLU LOTENG TERIMA 201 PENDAFTAR PANWASCAM

USMAN FAESAL

Praya, pendaftaran panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) yang dilaksanakan oleh bawaslu kabupaten lombok tengah berakhir tadi malam pukul 00.00 wita tanggal 03 desember 2019. Pendaftaran yang dimulai dari tanggal 27 november – 03 desember tersebut tidak dilakukan perpanjangan masa pendaftaran dikarenakan kuota pendaftar  di masing-masing kecamatan sudah terpenuhi yang ditentukan yakni minimal 6 (enam) orang pendaftar di masing-masing kecamatan.

Kordiv. Sdm bawaslu kabupaten lombok tengah, usman faisal menjelaskan “karena semua kecamatan sudah memenuhi kuota pendaftar yakni minimal 6 orang pendaftar di masing-masing kecamatan, maka kita resmi menutup pendaftaran panwascam tanggal 03 desember pukul 00.00 wita, seandainya sampai waktu yang sudah ditentukan belum memenuhi kuota maka kita akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran” jelasnya.

Usman faisal sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai panwascam, bahkan yang disabilitas juga ikut mendaftar. Hal itu menandakan masyarakat sangat peduli dan antusias mengawal pilkada kabupaten lombok tengah tahun 2020 mendatang.

Mulai hari ini rabu (04/12/19) Bawaslu akan melakukan verifikasi berkas lamaran calon Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lombok Tengah, untuk hasil verifikasi akan di umumkan pada tanggal 12 Desember 2019 dan tes Tulis rencana akan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2019, dan pengumumannya dapat di lihat di Webside Bawaslu Lombok Tengah, Media Cetak dan Facebook. Ungkap Usman Faesal.

Bawaslu Lombok Tengah

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu dibentuk berdasarkan perintah Undang - Undang no 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu. Sebelumnya, Pengawas Pemilu merupakan lembaga adhoc yaitu Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu. Tepatnya tahun 1982 uu memerintahkan pembentukan Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilu atau Panwaslak Pemilu, yang melekat pada Lembaga Pemilihan Umum atau LPU. Baru pada tahun 2003, Panwaslu dilepaskan dari struktur Komisi Pemilian Umum atau KPU. Kewenangan utama Pengawas Pemilu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana Pemilu dan kode etik. Rabu, 12 April Tahun 2017 Presiden Joko Widodo melantik Anggota Bawaslu Periode 2017-2022 dan Rapat Pleno Bawaslu menetapkan Ketua Bawaslu adalah Abhan.

You may also like...

1 Response

  1. Rodi says:

    Waktu dan tempat tesnya dimana….?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *