Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Loteng Tahun 2020

Rabu 16 Desember 2020

Ketua dan Anggota Bawaslu Loteng ketika mengikuti Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Loteng Tahun 2020.

Praya, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Tengah menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Loteng Tahun 2020.

Berlangsung di Gedung Aerotel Praya jln. Gajah Mada No.107 Praya Kab. Loteng, selasa (16/12/2020) mulai pukul 09.00 Wita, Hadir dalam rapat pleno tersebut terdiri dari Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. Loteng, Kapolres Loteng, Dandim 1602 Loteng, Kesbangpol Loteng, Saksi masing-masing Paslon, PPK Se-Kab. Loteng, dengan menggunakan alat pelindung diri dengan standar protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19..

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara, dilakukan mekanisme penjumlahan data dari 12 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah yang termuat dalam Formulir Model D. Hasil Kecamatan-KWK, kemudian dituangkan dalam Formulir Model D. Hasil Kabupaten/Kota-KWK.

Rapat Pleno tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kab. Loteng dalam hal ini Lalu Darmawan.

Darmawan mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang telah hadir dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi perolehan suara Pilkada Kab. Loteng Tahun 2020, Menyampaikan bahwa Rapat Pleno terbuka Perkecamatan yang sudah selesai selama 3 hari dan dilanjutkan rekapitulasi ditingkat Kabupaten.

Sebelum rapat dimulai Ketua KPU Loteng membacakan tata tertib rapat pleno rekapitulasi dan hasil pemungutan suara tingkat KPU Kab. Loteng untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Loteng tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2020.

Selanjutnya Rapat Pleno Terbuka dimulai dengan pembacaan perolehan suara oleh Ketua dan Anggota PPK dari 12 Kecamatan, Adapun data perolehan suara adalah :Paslon No Urut (1). Lale Prayatni – H. Sumum : 67.258 suara, Paslon No Urut (2) Ahmad Ziadi – Lalu Aswatara : 83.620 suara, Paslon No Urut (3) H. Habib Ziadi – H. Masrun : 15.5391suara, Paslon No Urut (4) Lalu Fathul Bahri – H. M. Nursiah : 19.9299 suara, dan Paslon No Urut (5) H. Lalu Saswadi – H. Dahrun : 16.974 suara.

Selama proses rekapitulasi suara, KPU Kabupaten Lombok Tengah memberi kesempatan kepada Bawaslu dan Saksi masing-masing Paslon menyampaikan keberatannya terhadap adanya perselihan jumlah suara.

Sebelum dilakukan penyerahan salinan berita acara penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah tahun 2020 kepada saksi dari masing-masing pasangan calon dan Bawaslu Loteng , Ketua KPU Loteng Lalu Darmawan membacakan keputusan tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah tahun 2020 secara keseluruhan berjalan lancar, aman, kondusif, tetap dengan menerapkan standar protokol kesehatan dan juga pengamanan dari aparat kepolisian dan Danramil Kabupaten Lombok Tengah.


Bawaslu Lombok Tengah

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu dibentuk berdasarkan perintah Undang - Undang no 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu. Sebelumnya, Pengawas Pemilu merupakan lembaga adhoc yaitu Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu. Tepatnya tahun 1982 uu memerintahkan pembentukan Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilu atau Panwaslak Pemilu, yang melekat pada Lembaga Pemilihan Umum atau LPU. Baru pada tahun 2003, Panwaslu dilepaskan dari struktur Komisi Pemilian Umum atau KPU. Kewenangan utama Pengawas Pemilu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana Pemilu dan kode etik. Rabu, 12 April Tahun 2017 Presiden Joko Widodo melantik Anggota Bawaslu Periode 2017-2022 dan Rapat Pleno Bawaslu menetapkan Ketua Bawaslu adalah Abhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *