Sentra Gakkumdu Bawaslu Provinsi NTB Beri Atensi

Selasa 1 Desember 2020

Praya, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan kunjungan langsung dari Sentra Gakkumdu Bawaslu Provinsi NTB pada Selasa 1 Desember.

Tujuan dari kunjungan tersebut dalam rangka supervisi dan monitoring kepada Sentra Gakkumdu Lombok Tengah terkait dengan penanganan kasus dan melakukan evaluasi terhadap penanganan pelanggaran yang terjadi dilingkungan wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Anggota Bawaslu Provinsi NTB Itratrif ST,MT yang hadir dalam kunjungan tersebut yang sekaligus sebagai pembina didampingi oleh Penyidik Gakkumdu Provinsi NTB disambut langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Lombok Tengah dan Gakkumdu Lombok Tengah.

Dalam kesempatan ini Itratif memberikan atensi kepada Sentra Gakkumdu Bawaslu Loteng, “jadi terhadap penanganan kasus kasus yang terjadi di Lombok Tengah harus dilaksanakan secara profesional, dan kami berharap kepada kawan kawan Sentra Gakkumdu Loteng agar bisa mengkomunikasikan kepada publik bahwa setiap kasus yang terjadi sudah ditindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku”, jelas Itratif.

Bawaslu Lombok Tengah

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu dibentuk berdasarkan perintah Undang - Undang no 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu. Sebelumnya, Pengawas Pemilu merupakan lembaga adhoc yaitu Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu. Tepatnya tahun 1982 uu memerintahkan pembentukan Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilu atau Panwaslak Pemilu, yang melekat pada Lembaga Pemilihan Umum atau LPU. Baru pada tahun 2003, Panwaslu dilepaskan dari struktur Komisi Pemilian Umum atau KPU. Kewenangan utama Pengawas Pemilu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana Pemilu dan kode etik. Rabu, 12 April Tahun 2017 Presiden Joko Widodo melantik Anggota Bawaslu Periode 2017-2022 dan Rapat Pleno Bawaslu menetapkan Ketua Bawaslu adalah Abhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *